PROFIL

Sabtu, 30 Juni 2012


Manusia dan Keadilan


Assalamu'alaikum wr.wb

       hello guys , balik lagi sama gua, hehe gini nih gua mau cerita tentang manusia dan keadilan, udah pada tau belom apa itu keadilan? keadilan berasal dari kata adil, Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah antara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem ini menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama, kalau tidak sama, maka masing – masing orang akan menerima bagian yang tidak sama, sedangkan pelangggaran terjadap proporsi tersebut disebut tidak adil.

        Nah, udah pada tau kan apa itu keadilan, gua mau sharing sedikit nih cerita gua, cerita ini beranjak saat gua duduk di waktu sekolah, gua pernah merasa tidak diadilkan oleh seorang guru, waktu itu gua pernah melakukan hal yang melanggar tata tertib sekolah bersama temen gua, dan akhirnya gua kena hukuman oleh guru gua, ya it's fear sih kalo emang gua kena hukuman, karena memang gua salah, tapi ada tidak adil yang gua rasa, karena waktu itu temen dan guru gua itu masih saudara, so dia ngasih hukuman yang kurang setimpal dengan gua, hukuman gua sedikit lebih berat dibandingkan temen gua, kalo menurut kalian adil gak? ya kalo menurut gua udah pasti gak adil, adil juga tidak ada namanya pilih kasih, karena melakukan kesalahan dan melakukan kebaikan harus diadili, dalam adil kita dapat menghormati hak-hak orang lain,  nah setiap orang yang jujur biasanya sudah pasti adil, nah untuk orang yang curang pasti dia tidak adil, pesan gua bersikaplah adil dalam hal apapun, karena adil itu merupakan salah satu akhlak terpuji.

         Demikianlah isi cerita gua , kalo ada kesalahan, mohon maaf, mungkin hanya ini aja yang bisa gua sampain, hehe atas perhatiannya terima kasih, CMIIW ya guys hehe
                                                                                                                         Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar