PROFIL

Sabtu, 30 Juni 2012


Manusia Dan Tanggung Jawab


Assalamu'alaikum wr.wb

     Apa sih Tanggung Jawab? Tanggung ya seperti sebentar lagi, dan Jawab ya seperti menjawab pertanyaan, hehe tp bukan seperti itu artinya, Tanggung Jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya, Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menanggung. memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

      Tanggung jawab mempunyai kaitan yang sangat erat dengan perasaan. Yang kami maksud adalah perasaan nurani kita, hati kita, yang mempunyai pengaruh besar dalam mengarahkan sikap kita menuju hal positif. Nabi bersabda: "Mintalah petunjuk pada hati (nurani)mu."
Dalam wacana keislaman, tanggung jawab adalah tanggung jawab personal. Seorang muslim tidak akan dibebani tanggung jawab orang lain. Allah berfirman: "Setiap jiwa adalah barang gadai bagi apa yang ia kerjakan." Dan setiap pojok dari ruang kehidupan tidak akan lepas dari tanggung jawab. Kullukum râ'in wa kullukum mas'ûlun 'an Ro‘iyyatih.....


      Oh ya gua punya sedikit cerita nih tentang Tanggung Jawab, hehe pada waktu gua SMP gua pernah jd ketua kelas dan waktu itu gua dikasih tau sama guru kalo ada tugas, tp gua lupa akan hal itu, dan gua lupa kasih tau ke anak-anak kalo ada tugas, dan alhasil pas hari H nya tugas itu ditanyain sama guru itu, dan oh god gua lupa atas hal itu, pada akhirnya anak" pun ga tau dan pada salahin gua kenapa ga ngasih tau, ya i know i was wrong, jd ya pada saat itu gua bilang ke guru " maaf bu saya lupa banget kasih tau ke temen" " kata ibu guru " yaudahlah gak apa" tp kamu harus tanggung jawab akan hal ini" ya gua sih terima aja karena emang ini salah gua karena gua ga ngasih tau, ya alhasil gua harus tanggung jawab , dan gua disuruh membuat pernyataan "maaf ibu saya lupa ngasih tau" di selembar kertas sampai penuh, hehe tp gpp gua seneng ngelakuinnya karena memang gua harus tanggung jawab hehe ya sebenernya sih banyak banget cerita gua, tp gua harus ngerjain tugas yang lain, hehe nanti kalo ada waktu lg gua cerita lg yaa , hehe cerita gua sampe sini aja, pesen gua, kita harus Tanggung Jawab akan apa yang kita lakukan, kalo kita nggak berani tanggung jawab kita adalah orang yang paling pengecut di dunia ini

     Sekian dan terima kasih ya yang udah mau baca dan ngeliat postingan gua ini , kalo ada kesalahan dalam penulisan dan ada yang menyinggung perasaan kalian mohon maaf ya hehe

                                                                                                                Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar